Solusi Semua Kebutuhan Anda
Header Image Gudang Info

6 Tips Renovasi Rumah Hemat Biaya

Knowledge - 14 July 2017

Bagikan

Saat ini renovasi rumah adalah sebuah kebutuhan. Entah karena ingin tampil lebih baru atau untuk membuatnya tampak luas dan besar. Namun sebelum merenovasi rumah, kita harus merencanakan hal tersebut dengan detail. Karena kalau tidak direncanakan dengan baik biayanya dapat membengkak.

Agar tidak bingung bagaimana cara menekan biaya perbaikan rumah, berikut ini tips hemat renovasi rumah:

1. Tentukan Bagian Rumah yang Hendak direnovasi
Sebelum memanggil tukang untuk merenovasi rumahmu, tentukan dulu bagian mana yang ingin direnovasi. Apakah itu bagian kamar? ruang tengah? Ingin diperbesar? Atau apa? Tujuan dari penentuan ini adalah agar kita dapat memprediksikan biaya yang dibutuhkan. Konsultasikan juga dengan mereka yang mengetahui ilmu rancang bangun, agar kita mendapat saran dari tenaga profesional.

2. Perencanaan Biaya yang Matang

Setelah menentukan bagian yang ingin direnovasi, pastinya kita sudah dapat memperkirakan biaya yang akan dihabiskan untuk renovasi rumah tersebut. Nah, selanjutnya tinggal menyiapkan anggaran yang cukup sehingga proses renovasi dapat berjalan lancar dan tidak berhenti ditengah-tengah. Lakukan survey ke toko-toko material bangunan dan furniture untuk mengetahui harga pasaran suatu material bangunan atau furniture sehingga perencanaan biaya menjadi lebih akurat.

3. Tentukan Kualitas Bahan Bangunan Yang Sesuai Kemampuan
Jika kita memiliki anggaran yang terbatas, jangan malu untuk memakai material bangunan dengan kualitas yang sedang. Dan untuk interior yang dipakai, kita juga bisa memanfaatkan barang-barang bekas yang banyak dijual. Jika cemat, kita dapat menemukan barang-barang bekas dengan kualitas yang baik.

4. Pakai Jasa Tukang Lepas, Bukan Kontraktor
Kita ketahui saat ini memang banyak perusahaan yang menawarkan jasa kontraktor untuk mendekorasi atau merenovasi rumah. Tetapi pada umumnya, jasa kontraktor menawarkan harga yang terbilang mahal untuk jasa mereka. Kita dapat beralih menggunakan jasa tukang lepas untuk menghemat biaya yang dikeluarkan. Bisa dengan meminta bantuan ahli bangunan disekitar rumah kita, ataupun kerabat maupun kenalan kita yang sudah berpengalaman dibidang bangunan.

5. Kontrol Langsung Pekerjaan Tukang, Baik Harian Atau Borongan
Secara umum ada dua sistem pembayaran tukang, yakni harian atau borongan. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan. Jika kita memilih sistem borongan, maka tidak perlu takut tukang berlama-lama karena sistem pembayarannya bersifat paket. Artinya tukang harus menyelesaikan pekerjaan dalam kurun waktu tertentu. Umumnya sistem bekerja seperti ini membuat tukang bekerja kurang maksimal.

Sementara kalau harian, pekerjaan akan lebih bagus tapi tukang cenderung mengulur-ulur waktu. Akibatnya biaya yang dibutuhkan pun membengkak. Sebagai solusi, kita harus mengontrol langsung pekerjaan tukang. Sehingga kalau sistemnya borongan mereka tidak akan menyelesaikan asal-asalan dan kalau harian mereka tidak berlama-lama.

6. Belanja Kebutuhan Sendiri

Dan yang terakhir adalah dengan melakukan belanja kebutuhan renovasi sendiri. Dengan melakukan belanja sendiri kebutuhan bangunan untuk renovasi, kita dapat lebih menghemat biaya dikarenakan kita dapat melakukan survei harga dibeberapa toko sehingga kita mengetahui harga material bangunan yang paling murah. Dengan cara tersebut, kita dapat lebih menghemat biaya yang dikeluarkan untuk belanja kebutuhan renovasi pada rumah kita tersebut.

Sudah siap merenovasi rumah? Jika terkendala karena pembiayaan, dicicilaja.com menawarkan program pembiayaan dengan nama MAXI Griya, bisa kamu kunjungi disini

Info Terpopuler


Hot Line
Hotline
08111465005