Solusi Semua Kebutuhan Anda
Header Image Gudang Info

Ana, Eks Motivator PJ TKI Sukses Berkat AXI: Pantang Menyerah dan Jangan Malu

Knowledge - 22 December 2017

Bagikan

Tak ada hasil yang mengkhianati usaha. Itulah kalimat yang cocok untuk mewakili Ana Astina. AXI yang bertugas di Malang, Jawa Timur ini tidak pernah lelah mencari nasabah, bahkan dengan cara yang mengharuskan dirinya berpanas-panasan. 

“Saya sebar brosur, cari ke kampung-kampung, ke teman, ke saudara, yo wes pokoknya jalan,” kata Ana.

Ana pun berprinsip untuk terus belajar, pantang menyerah, dan menjauhi rasa malu. Ia pun tak masalah jika kulitnya harus menghitam karena berkeliling kampung mencari nasabah. Bahkan Ana juga tak keberatan bila harus mengurusi surat-surat kendaraan yang telah mati. 

“Banyak belajar. Karena di lapangan banyak yang harus kita lakukan, misalnya STNK mati. Kita juga ngurus sendiri kok. Saya belajar sendiri untuk ngurus ke Samsat, terus BPKB-nya take over. Kalau mau kita bantu, seperti itu,” kata Ana berkisah.

Meskipun telah sepenuh hati membantu nasabah, tak jarang Ana harus menelan pil pahit. Ana pernah beberapa kali mendapat pengalaman menjengkelkan ketika nasabahnya membatalkan pengajuan.

“Ini sering terjadi. Misalnya sudah mau masukan, sudah saya bawa semua BPKB-nya, KTP, terus PBB, sudah oke, sudah pasti oke, besok saya tinggal ngomong ke Adira, tinggal survey. Tau-tau nggak jadi. Itu yang unik, itu yang bikin jengkel,” ungkap Ana.

Kendati demikian, Ana senang mendapat kesempatan menjadi AXI. Selama kurun waktu 2 tahun menjadi AXI, Ana telah menginjakkan kakinya di Vietnam dan Australia.

“AXI-nya udah bagus, saya senang di AXI. Ada insentifnya, ada ke luar negeri,” ucapnya bahagia.

Penggemar nasi pecel ini mulanya tidak tertarik menjadi AXI. Sebab dirinya telah mendedikasikan dirinya menjadi seorang motivator di PJ TKI sejak lulus kuliah di tahun 1995. Namun, Ana tergiur karena seorang sahabatnya sering membawakan oleh-oleh dari luar negeri 2 kali dalam setahun.

“Ada teman yang jadi AXI. Itu kan sering ke luar negeri, sering kasih oleh-oleh. Ada ke Korea, ada ke Jepang, kemudian ada ke arab, itu sering kasih oleh-oleh hadiah ke saya. (Hadiahnya) lucu-lucu, misalnya souvenir, kaos,” terang Ana.

Info Terpopuler


Hot Line
Hotline
08111465005