Solusi Semua Kebutuhan Anda
Header Image Gudang Info

Motor Mogok karena Banjir, Atasi dengan 5 Cara Ini

Knowledge - 06 February 2018

Bagikan

Musim penghujan telah tiba. Hampir di seluruh wilayah Indonesia diguyur hujan hingga menyebabkan banjir. Padahal aktivitas sehari-hari harus terus dilakukan. 

Salah satu kendala yang dihadapi ketika banjir adalah kendaraan jadi nggak bsia lewat. Terutama kendaraan roda dua jenis motor. Nggak jarang kalau nekat menerjang banjir malah jadi mogok dan harus dorong sampai ketemu bengkel. Repot banget nggak sih?

Nah, berikut ini merupakan tips mengatasi motor yang mogok setelah “nyemplung” di banjiran.

Keluarkan airnya

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengeluarkan air dari motor. Salah satu caranya, matikan mesin motor, berdirikan motor dengan standar tengah lalu tekan ujung jok agar motor rendah ke belakang. Fungsinya agar air yang terdapat di dalam mesin bisa keluar.

Baca juga: Hujan Aneh di Belahan Dunia, Indonesia Tak Kalah Anehnya

Cek businya

Setelah kira-kira air sudah habis, cek businya. Buka businya dan cek kekeringannya. Bisa terdapat air, di busi maupun tempatnya, gunakan lap untuk mengeringkannya. Lalu pasangkan lagi.

Lihat keadaan olinya

Buka lubang oli mesin dan cek dengan mengeluarkan tutupnya. Lalu lihat apakah ada air yang bercampur dengan oli. Apabila tercampur, disarankan untuk menggantinya agar performa mesin tidak turun.

Cek knalpotnya

Pada motor bebek, knalpot menjadi bagian utama yang rentan terkena air saat banjir mengingat posisinya yang berada di bawah. Untuk itu, kamu juga harus mengecek knalpot motor apakah masih ada air atau tidak. Bila iya, keluarkan airnya teleboh dahulu sampai habis.

Panaskan motor

Setelah air di motor dirasa telah habis, nyalakan mesin motor dengan memggunnakan kick starter atau disela. Lakukan terus hingga motor menyala.

Jadi, itulah beberapa langkah untuk mengatasi motor yang mogok akibat “nyemplung” di banjiran.

Info Terpopuler


Hot Line
Hotline
08111465005