Solusi Semua Kebutuhan Anda
Header Image Gudang Info

Pilihan Usaha Menarik Untuk Pemula

News - 08 June 2017

Bagikan

Saat ini, ada begitu banyak pilihan bagi pengusaha pemula yang ingin memulai bisnisnya sendiri. Setidaknya ada dua sektor usaha yang diprediksi akan berkembang dengan pesat tahun 2017, yaitu bisnis kuliner dan fashion. Kita dapat memulai bisnis kuliner atau fashion baik secara offline maupun online. Sebab permintaan akan kedua bisnis ini selalu meningkat dari tahun ke tahunnya. Tapi, pada dasarnya apapun jenis usaha yang kita ingin jalankan, faktor modal memang menjadi hal yang krusial.

Modal memang selalu menjadi pemikiran pertama bagi pengusaha pemula. Jangan khawatir, saat ini pilihan usaha yang modalnya terbatas semakin banyak. Tidak percaya? Mari kita bahas satu persatu. Mulai dari yang modal usahanya dibawah 5 juta hingga ratusan juta:

Modal dibawah Rp 5 juta

Bisnis yang cocok untuk pemula yang modalnya dibawah Rp 5 juta adalah seperti reparasi tas, bisnis pulsa, dropshipper dan banyak lagi. Misalnya buat yang ahli dalam soal reparasi tas, bisnis ini patut dicoba. Modal awal untuk bisnis ini hanya sekitar Rp 4,2 juta. Itu untuk pembelian mesin jahit biasa Rp 1 juta, mesin jahit khusus bahan kulit: Rp 3 juta serta spare part tas, lem, benang, dan lain-lain: Rp 200 ribu. Dan kita dapat melakukan semuanya di rumah. Sementara untuk menjadi dropshipper, kita hanya perlu modal dibawah Rp 1 juta saja. Prinsip kerja dropshipper sederhana. Kita hanya perlu mempromosikan sebuah produk yang telah kita pilih dari sosial media, seperti: BBM, Facebook, WA atau Instagram. Kemudian ketika ada yang pesan, kita minta konsumenya untuk transfer dana. Setelah mereka transfer dana, kita belikan barangnya dari si penjual. Tapi kita katakan kepada si penjual agar mengirimkan barangnya ke alamat si pembeli tadi dan menggunakan nama/brand kita. Jadi kita hanya bersifat perantara saja.

Modal Rp 5 juta - Rp 25 juta

Bisnis yang cocok untuk pemula dengan modal sampai Rp 25 juta adalah jualan makanan atau minuman di tepi jalan, seperti: pecel ayam, lele, nasi goreng, sate ayam dan kambing, sop kaki, soto, bubur dan banyak lagi. Uang sejumlah itu cukup untuk membeli gerobak, etalase dan bahan baku makanan di hari pertama penjualan. Keuntungan dari bisnis makanan ini minimal 50% dan maksimal sampai 200%. Pemilihan lokasi dalam bisnis sangat penting dalam kesuksesan bisnis tersebut. Pilih lokasi jalan yang dilalui banyak kendaraan umum, jika bisa dekat dengan pusat keramaian, sehingga banyak orang mencari makan, misalnya: mal, pasar, perkantoran, kampus, sekolah dan lain-lain. Usahakan konsumen mudah memarkir kendaraan, sehingga jika yang pembelinya banyak, mereka tetap mudah untuk keluar masuk tempat makan.

Modal Rp 25 juta - Rp 100 juta

Bisnis yang cocok untuk pemula dengan modal mulai dari Rp 25 juta sampai dengan Rp 100 juta adalah jual beli motor bekas, laundry kiloan, penyalur pembantu rumah tangga dan Baby sitter. Dengan modal segitu, pengusaha pemula sudah bisa menyewa ruangan untuk toko atau kantor, membeli peralatan usaha dan sisanya untuk biaya operasional.

Modal Rp 100 juta - 300 Juta

Bisnis yang cocok untuk pemula dengan modal segitu adalah toko kelontong, agen atau distributor suatu produk barang, Event Organizer, catering dll. Lewat modal sebesar itu, pengusaha menjadi lebih leluasa memilih jenis usaha pertamanya. Usaha langsung yang dapat dijalankan dengan omset lumayan besar karena modalnya juga cukup besar.

Apakah hanya itu pilihan usaha bagi para pemula? Tentu saja tidak. Bila kita tidak ingin susah payah merintis usaha dari awal, maka bisnis Franchise atau waralaba dapat menjadi pilihan menarik. Ya, bisnis waralaba saat ini berkembang pesat di Indonesia. Di Tahun 2016, ada 344 waralaba yang tercatat di Kemendag (Kementrian Perdagangan Indonesia). Dan terdapat 600 lebih waralaba UKM yang didampingan oleh kementrian ini. Belum lagi yang tidak tercatat dan tidak di dampingi. Artinya pilihan bisnis waralaba semakin banyak di Indonesia. Kita tinggal tentukan saja produk atau layanan apa yang sesuai dengan minat dan modal. Seperti halnya pilihan bisnis diatas, modal untuk bisnis waralaba sangat beragam. Mulai dibawah 5 juta hingga ratusan juta. Sebagai contoh untuk bisnis waralaba Capppucino Cincau hanya butuh modal sekitar Rp 3.6 juta saja, Laundry Kiloan Rp 4 juta, Semerbak Coffee hanya Rp 4.5 juta, Martabak Mini Afrika Rp 7,5 juta dan masih banyak lagi. Sementara bisnis waralaba yang cukup mahal seperti Ayam Bakar Wong Solo Rp 40 juta, Bakso Malang Cak Eko Rp 60 juta, Kebab Turki Rp 80 juta atau Mr. Burger pilihan harga waralabanya hingga Rp 250 juta. Nah, itu kira-kira usaha yang dapat dilakukan oleh para pemula. Jadi, sekarang tak perlu bingung lagi. Sebab pilihan usaha semakin banyak dan semakin murah.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, segera tentukan usahanya dan mulai bergerak menapaki hidup yang lebih baik dan penuh dengan tantangan.

Info Terpopuler


Hot Line
Hotline
08111465005